Langsung ke konten utama

Memperbaiki & Membuat Akta Kelahiran yang Baru

Hello guys!
Cerita yang ini nih biking gw galau segalau-galaunya karena jaman sekarang kan mau daftar ini itu diminta Akta kelahiran kan. Sementara akta gw itu bunyak banget kesalahannya dan mau ngurusnya pun susah guys! Karena akta yang gw miliki itu dibuat di Madura sedangkan saat ini gw udah pindah ke Jakarta. KTP, KK dan sebagainya sudah beralamatkan Jakarta Utara. Galau dong gw!! Udah mikir banget, mati lah gw kaga bisa liburan ke luar negeri karena ngga bisa bikin Paspor lantaran ada kesalahan nama Bokap gw dan akta kelahiran gw pun salah! Zzzz…
Setelah gw tanyak-tanyak Ibu Kader, katanya sih mending bikin baru aja di Jakarta dan mahal beettt boooo… gw pikir-pikir lagi, duh ya untuk ngurusin kelengkapan administratif begini mesti banget ya ngabisin duit banyak. Gw pending aja dah. Hopeless!

Nah, setelah beberapa bulan, tetiba ruame banget tuh tetangga pada ngurus akta kelahiran Ibu, Bapak, Kakek, Nenek, Buyut wa akhawatuha hahaha. Dengan bekal rayuan dan PDKT, akhirnya gw berhasil minta formulir ke tetangga tanpa mesti ngan0tri di Kelurahan.

Buat kalian-kalian pada yang akta kelahirannya terdapat kesalahan, mending urus jauh-jauh hari guys sebelum kalian membutuhkannya. Tapi kalo misalnya ngga ada kebutuhan mendesak sih, mending tunggu aja pemutihan akta kelahiran. Itu tuh pasti ada deh ntah 5 tahun sekali atau tiap berapa tahun gitu.

Lalu gw lengkapi lah sebundel surat yang gw dapetin dari kelurahan. Setelah semuanya lengkap termasuk materai 6000 3 lembar gusy, gw ngantri di kelurahan buat gumpulin tuh berkas. Saat giliran kalian dipanggil, kalian maju dong ke depan dan jawab aja apa yang ditanyakan jangan menceritakan yang ngga mereka tanyakan. Kalo udah diterima sama mereka artinya lo udah lolos tahap seleksi berkas hahaha (udah kek seleksi CPNS aja). 

Dah ya kalian tinggal nunggu akta kelahiran kalian yang baru. Waktu itu sih dikabari jadinya sekitar 3 bulanan tapi ngga sampai kok, Cuma sebulan setengah.
Kalian ngga perlu ngambil akta ke kantor kelurahan karena mereka mengantarkannya ke masing-masing RT dan pak RTnya loh yang nganterin ke rumah gw. Baik banget ngga sih pak RT gw yang sekarang hahah. Jazakallah pak..

Jadi kalian ngga usah galau ya! Keep doing aja dan jangan lupa sering-sering tanyak ke ibu anggota kader kali aja ada lowongan untuk calon mantu (eh apa sih wkwkkw) kali aja ada pemutihan akta kelahiran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Making an Accepted Abstract in International Conference

Tulisan gw kali ini nih guys semoga cukup membantu para akademisi/peneliti pemula yaaw. Alasan gw nulis topik ini karena sering banget gw dapat curhatan temen-temen yang sedang melanjutkan studi magisternya atau karena persyaratan untuk naik jabatan di pekerjaannya, maka gw pikir this is gonna be useful for them ya yang sedang berjuang untuk mendapatkan sertifikat sebagai pemakalah di seminar Internasional. Well, how to make an accepted abstract in International Conference. Pertama¸ kalian mesti tau nih TEMA UTAMA konferensi yang akan diselenggarakan. Gw kasih contoh nih, misalnya CamTESOL International Conference. Nah main focus konferensi ini adalah penelitian-penelitian di bidang pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing. Saat kita baca CamTESOL, langsung dong yang kita pikirkan adalah tentang pengajaran bahasa. Kalo kalian ngirimnya tentang bisnis atau pertanian mah yah jelas kaga akan diterima guysss. Kemudian kalian liat lagi kalian ikut CamTESOL t

Adorable Little Venice & Taman Bunga Nusantara

Hello guys! Gw mau berbagi cerita nih tentang Little Venice . At the first time I saw its picture, it really reminds me to Italy and other floating market in some countries like Thailand and Macaw. Well, saat gw sama temen gw browsing destinasi wisata yang masih disekitaran Jakarta-Bogor-Bandung yang tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata luar negeri akhirnya kami memutuskan mengunjungi Little Venice . Kami bener-bener backpacker guys, alias naik angkot banget loh dari Jakarta hahaha. Berhubung saat itu gw masih tinggal di depok, jadi meeting point kami adalah stasiun Universitas Indonesia. Temen gw berangkat dari Kebantenan by Trans Jakarta dan kami bertemu pada pukul 09.00. Kamis 29 Juni 2017. Kemudian kami turun di stasiun akhir yaitu stasiun Bogor. Lalu naik angkot 03 warna Hijau tujuan terminal Baranang Siang. Sesampainya di sana kami naik ELF warna putih tujuannya ke Cipanas, Cianjur guys. Biasanya sih ongkosnya tuh Cuma 35.000 tapi karena saat itu masih nuansa lebar

Memperbaiki Kesalahan Nama yang Terdapat di KTP dan KK

Hallo guys, kali ini gw mau kasih tau nih tips mengurus nama yang berbeda antara KTP dan KK. Males banget ngga sih ngurusin beginian yang berhubungan dengan administrasi kependudukan. Betul!!! Selain urusannya ribet, ngurusnya pun nguantree kebina-bina ya di kantor kelurahan. Gw awalnya bingung banget nih ngurusnya begimana. Eh yang beda itu nama bokap gw, cuma salah satu huruf doang sih antara KTP dan KK. Setelah tanyak-tanyak ke ibu-ibu kader, ternyata ini nih yang perlu lo siapin. Let’s check it out guys! Pertama dan Utama, segala urusan administratif kek gini butuh dong surat pengantar dari RT. Tiap ke pak RT, lo jangan lupa bawa Fotokopi KTP & KK ya guys. Sampai sana, pasti ditanyain, “Mbak Mega lagi ada keperluan apa nih?”. Gw jelasin mau ngurusin kesalahan nama bokap gw yang tertera di KTP dan KK. Akhirnya dapatlah surat pengantar yang menjelaskan bahwa “yang bersangkutan di atas benar-benar warga kami mengajukan permohonan untuk memperbaiki kesalahan nama. Jangan lupa