Langsung ke konten utama

Making an Accepted Abstract in International Conference

Tulisan gw kali ini nih guys semoga cukup membantu para akademisi/peneliti pemula yaaw. Alasan gw nulis topik ini karena sering banget gw dapat curhatan temen-temen yang sedang melanjutkan studi magisternya atau karena persyaratan untuk naik jabatan di pekerjaannya, maka gw pikir this is gonna be useful for them ya yang sedang berjuang untuk mendapatkan sertifikat sebagai pemakalah di seminar Internasional.

Well, how to make an accepted abstract in International Conference.
Pertama¸ kalian mesti tau nih TEMA UTAMA konferensi yang akan diselenggarakan. Gw kasih contoh nih, misalnya CamTESOL International Conference. Nah main focus konferensi ini adalah penelitian-penelitian di bidang pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing. Saat kita baca CamTESOL, langsung dong yang kita pikirkan adalah tentang pengajaran bahasa. Kalo kalian ngirimnya tentang bisnis atau pertanian mah yah jelas kaga akan diterima guysss. Kemudian kalian liat lagi kalian ikut CamTESOL tahun berapa. Kalo gw waktu itu sih 13th Annual CamTESOL Conference tema utamanya adalah Building a Regional Community: English Across Platforms. Jadi tentang pengajaran bahasa Inggris menggunakan platform kekinian saat ini hihi.

Kedua, setelah kalian paham tujuan dan tema konferensinya lalu kalian menentukan tema makalah yang akan kalian pilih. Kira-kira apa ya metode pangajaran bahasa yang kekinian saat ini. Nah gw kasih bocoran nih judul gw waktu itu hahahha “Enjoyable Spoken English through English Cafe Online: a Case Study”. Kenapa gw pilih tema dan judul itu? Karena pengajaran bahasa secara Online itu merupakan new platforms mih guys! So, it relates to the conference theme kan? Udah dapet ide, judul juga udah… “duh Megol gw bingung gimana sih memulainya?” “Kek gimana sih rupanya abstrak itu?” yang pasti nih guys tampangnya ngga menggoda kek donat-donat di Jco. Duh, laper lo Meg? Haha

Ketiga, Ibarat goreng ikan kalian ngga boleh ya ngelupain bumbunya meskipun hanya satu bumbu karena pasti nanti ikan gorengnya ngga enak (Eh, gw kek bisa masak aja Lol). Well, dalam sebuah abstrak itu biasanya terdiri dari kalimat pembukaan/introduction sentence, tujuan, kalimat penjelasan tentang metode yang akan digunakan, research design, technique of collecting data, technique of analyzing data, the expected result. Biasanya abstrak itu ratenya 150 – 250 kata guys.

Let’s see contoh abstrak gw yang gw presentasikan di CamTESOL Conference

Judul:  Enjoyable Spoken English through English Café Online: a Case Study         
Kalimat pembukaan/introduction sentence: Indonesia is one of the countries use English as an international language. In other words, English is learnt as a foreign language by Indonesian learners. Learning English in Indonesia with limited opportunity in using it is not an easy activity. Moreover, concerns with development of ICT that brings the movement of cyber era, English Language Teaching (ELT) needs a creative, enjoyable and accessible teaching method that encourages learners to practice English continuously, highly motivated and is able to be accessed wherever and whenever the learners are.



Tujuan: Here, the researcher supposes English Café Online as appropriate method due to the condition of the world today.

Kalimat penjelasan tentang metode yang akan digunakan: English Café Online is unique concept of teaching and learning English which is conducted at the café and supplies English online material using Secret Recipe Method. In practice, the learner has a chef as teacher in exposing speaking skill in Daily Talk Class.

Research design: This study uses case study research design by analyzing the improvement of English Café Online learner and learner’s perception through joining this program.

Technique of collecting data: Pre-test and post-test are conducted to know students’ improvement and learners’ perception is gained through questionnaire. An interview may be needed to support the data.

Technique of analyzing data: The test will be analyzed quantitatively while questionnaire and interview are analyzed qualitatively.

Expected result: Online learning could help learner in improving their English and bcomes an innovative method nowdays.

Keempat, yang tak kalah penting nih guys, perhatikan bahasa Inggris kalian. Bahasa Inggris yang digunakan mesti ilmiah ya. Ohy kalo butuh proofreader atau jasa translator bisa menghubungi WA: 0838-7952-0984 (Jiaahh iklan aja nih wkwk) tapi emang beneran kalo kalian butuh nomer tersebut bisa dihubungi guys!

Waaaawww, pusing ngga guys? Lumayan lah yah hahahha but yang terpenting "you have already known what you have to do in your research" itu semuanya gampang kok. Percaya deh!


Good Luck ya guys, selamat meneliti dan selamat mencoba menjadi pemakalah di seminar internasional guys! Mari membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Best regard! Megol 

Biar ngga pusing-pusing amat, liat foto gw dulu guys wkwkk


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Adorable Little Venice & Taman Bunga Nusantara

Hello guys! Gw mau berbagi cerita nih tentang Little Venice . At the first time I saw its picture, it really reminds me to Italy and other floating market in some countries like Thailand and Macaw. Well, saat gw sama temen gw browsing destinasi wisata yang masih disekitaran Jakarta-Bogor-Bandung yang tidak kalah menariknya dengan destinasi wisata luar negeri akhirnya kami memutuskan mengunjungi Little Venice . Kami bener-bener backpacker guys, alias naik angkot banget loh dari Jakarta hahaha. Berhubung saat itu gw masih tinggal di depok, jadi meeting point kami adalah stasiun Universitas Indonesia. Temen gw berangkat dari Kebantenan by Trans Jakarta dan kami bertemu pada pukul 09.00. Kamis 29 Juni 2017. Kemudian kami turun di stasiun akhir yaitu stasiun Bogor. Lalu naik angkot 03 warna Hijau tujuan terminal Baranang Siang. Sesampainya di sana kami naik ELF warna putih tujuannya ke Cipanas, Cianjur guys. Biasanya sih ongkosnya tuh Cuma 35.000 tapi karena saat itu masih nuansa lebar

Memperbaiki Kesalahan Nama yang Terdapat di KTP dan KK

Hallo guys, kali ini gw mau kasih tau nih tips mengurus nama yang berbeda antara KTP dan KK. Males banget ngga sih ngurusin beginian yang berhubungan dengan administrasi kependudukan. Betul!!! Selain urusannya ribet, ngurusnya pun nguantree kebina-bina ya di kantor kelurahan. Gw awalnya bingung banget nih ngurusnya begimana. Eh yang beda itu nama bokap gw, cuma salah satu huruf doang sih antara KTP dan KK. Setelah tanyak-tanyak ke ibu-ibu kader, ternyata ini nih yang perlu lo siapin. Let’s check it out guys! Pertama dan Utama, segala urusan administratif kek gini butuh dong surat pengantar dari RT. Tiap ke pak RT, lo jangan lupa bawa Fotokopi KTP & KK ya guys. Sampai sana, pasti ditanyain, “Mbak Mega lagi ada keperluan apa nih?”. Gw jelasin mau ngurusin kesalahan nama bokap gw yang tertera di KTP dan KK. Akhirnya dapatlah surat pengantar yang menjelaskan bahwa “yang bersangkutan di atas benar-benar warga kami mengajukan permohonan untuk memperbaiki kesalahan nama. Jangan lupa