Selamat pagi guyss...
Mumpung lagi ada waktu senggang nih guys di kantor, gw pengin bagi-bagi tips untuk kalian semua. Kali ini tips "Hari Pertama Masuk Kerja". Weeeww, what do you think when you read this title? Grogi, kuatir, jug gijak gijuk yaa kaya naik sepor hahahha. Don't worry guys, hari pertama masuk kerja emang fikiran negatif itu selalu menghampiri hahhaa makanya banyak-banyak istighfar (Et dah bukan pengajian, Meg! :p).
Nah gw mau bagi-bagi tips apa aja yang harus kalian persiapkan di hari pertama masuk kerja dan bagaiamana harusnya kalian bersikap agar kalian tetap percaya diri, nyaman, dan cepat memiliki banyak teman.
Well, check it out guyss...
1. You Know Well, Your Position
Ini penting banget guys, kalian harus tau betul posisi yang kalian lamar. Sering tuh ya gw temuin temen-temen, dan gw juga sebenarnya mengalami hal ini. Tiba-tiba dapat kerjaan yang bukan bidang kalian. Misalnya kalian sarjana Akuntansi, tetiba Tuhan kasih rejekinya di bagian Hubungan Masyarakat (HUMAS), yassalam, hahaha. Eh gimana caranya sih gw tau posisi dan jobdesk gw? Dont't worry, all is well guys. Apalagi kalian-kalian yang emang generasi Millenial, tinggal googling aja. Biasanya Unit Pelayanan Humas itu ngapain aja. Atau misalnya kalian punyak teman yang kerja di bidang tersebut bisa dikepoin tuh...
Kalo udah sedikit tau kan bisa menambah rasa percaya diri kalian. Lagian sesampainya di kantor kalian ngga akan dibiarkan sendiri kok. Jadi, biasanya kalian harus 3 bulan Magang dan didampingi oleh supervisor. So, take it easy and enjoy your new job, guyss..
2. Little Bit Know Your Boss
Guys, kepo tentang pekerjaan dan hal-hal yang positif itu wajib sih menurut gw. Nah poin ini apa aja yang harus kalian ketahui. Pertama, kalian tuh wajib tau nama-nama pimpinan di kantor kalian. Ialah, wajib banget guys. Caranya gimana, lagi-lagi gw bilang "browsing" adalah cara yang efektif, lebih baik lagi kalo kalian browsing sama fotonya. Jadi begitu kalian liat orangnya di kantor kalian punyak referensi, oh ini yang namanya Ibu A. Kedua, kalian wajib banget tau tentang karakter pimpinan kalian. Caranya gimana? Kalo yang ini ngga bisa ya di browsing hahaha nanti jatohnya ngegosip #LOL. How to know it? info karakter pimpinan ini tuh dengan sendirinya akan datang pada kalian. Maksudnya gimana sih Meg? Kalian bisa tau dari supervisor kalian atau dari rekan kerja kalian. Jadi kepoin aja dikit-dikit kalo si Boss A ini kek mana nanana
3. Prepare Your Dress
Hari pertama kerja pakailah baju terbaik kalian. Terbaik dari segi kesopanan dan sesuai konteks ya guys tapi tetep jadi diri kalian. Inget guys jangan sampai salah kostum yaa. Itu bisa fatal. Siapkan di malam harinya biar saat pagi hari misal bajunya kalian coba tetiba kurang cocok di badan kalian, kalian punyak banyak waktu untuk prepare. Jangan lupa guys, poleskan make up tipis-tipis yaa biar kalian terlihat manis nan bersih. Eh ini ngga berlaku buat kalian yg cowok haha tapi kalo mau coba boleh aja asal tanggung sendiri resikonya 😃
4. Don't Forget to be Cheerful and Smile
Seberat apapun kerjaan kalian, jangan lupa yaa untuk selalu ceria. Kerjaan mah ngga ada habisnya guys, jadi tetap yaa usahakan ceria dan bahagia. Masa ceria dan bahagia nunggu kerjaan kelar 😛. Lalu sebagai orang baru di kantor, wajib tersenyum saat ketemu rekan-rekan kerja. Jangan sampai ya guys rekan kerja kalian punyak kesan 'negatif (jutek) misal tentang kalian gegara kalian lupa tersenyum hehe.
Seberat apapun kerjaan kalian, jangan lupa yaa untuk selalu ceria. Kerjaan mah ngga ada habisnya guys, jadi tetap yaa usahakan ceria dan bahagia. Masa ceria dan bahagia nunggu kerjaan kelar 😛. Lalu sebagai orang baru di kantor, wajib tersenyum saat ketemu rekan-rekan kerja. Jangan sampai ya guys rekan kerja kalian punyak kesan 'negatif (jutek) misal tentang kalian gegara kalian lupa tersenyum hehe.
5. Perkenalkan Diri Terlebih Dahulu
Sebagai orang baru kalian harus inisiatif untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Lebih nice lagi kalo kalian nih guys menyapa mereka terlebih dahulu. Caranya gimana kan ngga tau namanya. Hadeuh mesti dicontohin "haii Mbak/Mas (jangan lupa senyum), perkenalkan saya Mega. Saya baru di sini, di bagian nanana". Jangan mikirin gimana respon mereka guys, yang penting kalian berusaha baik kaann. Ada yang merespon baik, ada juga yang gitu-gitu aja. Sabarinn guysss hahaa.
6. Don't Think to Much about Thing
Nah ini nih sebenarnya kebiasaan buruk gw guys. Jadi jangan sampai yaa kalian kek gw. Kesiksa tau ngga sih batin gw hahaa. "Jangan memikirkan terlalu berlebihan hal yang belum pasti ataupun hal sepele". Misalnya pimpinan kalian tetiba menanyakan hal yang emang kalian ngga tau pasti jawabannya atau kalian grogi karena sebelumnya belum pernah ngobrol sama pimpinan. "Duh, jawaban gw bener ngga ya?", "Tadi gw sopan ngga ya menjawab si bapak", "Duh kenapa gw hal sepele gini kaga bisa sih? Bodoh bodohhnya gw ya Allah", "Harusnya gw tadi kek gini bukan kek gono haha". Hilangkan semua pikiran negatif itu guyss. Pimpinan kalian pasti paham kok, kalian kan masih baru. Dan jangan takut yaaa belajar dari kesalahan sebab dari kesalahan kita akan jadi lebih baik (duh Meg, sok bijak #lol 😆)
Sebagai orang baru kalian harus inisiatif untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Lebih nice lagi kalo kalian nih guys menyapa mereka terlebih dahulu. Caranya gimana kan ngga tau namanya. Hadeuh mesti dicontohin "haii Mbak/Mas (jangan lupa senyum), perkenalkan saya Mega. Saya baru di sini, di bagian nanana". Jangan mikirin gimana respon mereka guys, yang penting kalian berusaha baik kaann. Ada yang merespon baik, ada juga yang gitu-gitu aja. Sabarinn guysss hahaa.
6. Don't Think to Much about Thing
Nah ini nih sebenarnya kebiasaan buruk gw guys. Jadi jangan sampai yaa kalian kek gw. Kesiksa tau ngga sih batin gw hahaa. "Jangan memikirkan terlalu berlebihan hal yang belum pasti ataupun hal sepele". Misalnya pimpinan kalian tetiba menanyakan hal yang emang kalian ngga tau pasti jawabannya atau kalian grogi karena sebelumnya belum pernah ngobrol sama pimpinan. "Duh, jawaban gw bener ngga ya?", "Tadi gw sopan ngga ya menjawab si bapak", "Duh kenapa gw hal sepele gini kaga bisa sih? Bodoh bodohhnya gw ya Allah", "Harusnya gw tadi kek gini bukan kek gono haha". Hilangkan semua pikiran negatif itu guyss. Pimpinan kalian pasti paham kok, kalian kan masih baru. Dan jangan takut yaaa belajar dari kesalahan sebab dari kesalahan kita akan jadi lebih baik (duh Meg, sok bijak #lol 😆)
6. Mengahafal Nama-Nama Rekan Kerja
Kalian seneng kan guys kalo nama kalian dihafal atau diinget sama orang lain. Iyaa dong. Ngerasanya dianggap banget. Buat kalian yang baru masuk kerja pasti susah kan ya ngafalin nama rekan kerja segitu banyaknya. Gw punyak cara guys dan it really works. Pertama, saat kalian berkenalan, ulangi dan ucapkan nama rekan kalian guys untuk meyakinkan bahwa kalian ngga salah menyebut namanya. Dan ajaklah ngobrol sebentar dan jangan gunakan pengganti 'kamu' tapi langsung nama rekan kalian. Kedua, hubungkan nama rekan kalian dengan kenalan atau teman kalian yg kebetulan punyak nama yang sama. Atau misalnya namanya sama dengan salah satu keluarga atau tetangga kalian. Yang cepet banget diinget sih kalo mirip nama mantan yak hahaha. Ini mah bukan diinget lagi tapi malah menggagalkan usaha move on dalam sedetik yaks hahahaa #curhat kan lo Meg!! 😉 gw emang suka curhat 😁
Gimana guys sudah tercerahkan? Oke deh, tipsnya itu aja dulu yaa guys, semoga hari pertama kerja jadi hari yang menyenangkan dan berkesan. Ngga ada salahnya loh dicoba because tips yang gw kasih ini based on my experience dan ternyata it works guys!!
Selamat tahun baru 2018 dan berakhir pekan guysss!!! Selalu bahagia dan have a positive vibe yaaaww.
Kalian seneng kan guys kalo nama kalian dihafal atau diinget sama orang lain. Iyaa dong. Ngerasanya dianggap banget. Buat kalian yang baru masuk kerja pasti susah kan ya ngafalin nama rekan kerja segitu banyaknya. Gw punyak cara guys dan it really works. Pertama, saat kalian berkenalan, ulangi dan ucapkan nama rekan kalian guys untuk meyakinkan bahwa kalian ngga salah menyebut namanya. Dan ajaklah ngobrol sebentar dan jangan gunakan pengganti 'kamu' tapi langsung nama rekan kalian. Kedua, hubungkan nama rekan kalian dengan kenalan atau teman kalian yg kebetulan punyak nama yang sama. Atau misalnya namanya sama dengan salah satu keluarga atau tetangga kalian. Yang cepet banget diinget sih kalo mirip nama mantan yak hahaha. Ini mah bukan diinget lagi tapi malah menggagalkan usaha move on dalam sedetik yaks hahahaa #curhat kan lo Meg!! 😉 gw emang suka curhat 😁
Gimana guys sudah tercerahkan? Oke deh, tipsnya itu aja dulu yaa guys, semoga hari pertama kerja jadi hari yang menyenangkan dan berkesan. Ngga ada salahnya loh dicoba because tips yang gw kasih ini based on my experience dan ternyata it works guys!!
Selamat tahun baru 2018 dan berakhir pekan guysss!!! Selalu bahagia dan have a positive vibe yaaaww.
Ohy, I'll be very happy if you give comments on my blog. Dont be hasitated to respond my tips guyss ❤
Komentar
Posting Komentar